Pelantikan IPI Sukoharjo, Unik dan Menarik

Kamis, 26 September 2019

Sedulur pustakawan Jawa Tengah yang berbahagia, pada hari kamis kemarin tepatnya tanggal 26 september 2019, Ketua IPI Jawa Tengah Bapak Itmamudin, SS.,M.IP telah melantik Ketua dan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten Sukoharjo Periode 2019-2022.

Sedulur Pustakawan Jateng Gayeng, perlu kami sampaikan bahwa kegiatan Musyawarah Daerah IPI kabupaten Sukoharjo itu ternyata cukup unik dan menarik untuk di simak, mengapa demikian? karena acara pelantikannya di jalan lho, alias Pelatikan On The Road, dalam sejarah IPI ini menjadi pertama dan satu-satunya  jalan raya sebagai tempat untuk melakukan pelantikan pengurus. usut punya usut ternyata pelantikan ini punya tujuan agar memiliki daya tarik dan terlihat beda dari

Menurut Ketua Terpilih bapak Tunardi, SE dari Dinas Kearsipan dan perpustakaan kabupaten sukoharjo, pelantikan on the road memiliki tujuan untuk mengenalkan eksitensi profesi pustakawan kepada masyarakat, juga untuk memberikan ruh pada prosesi pelantikan pengurus IPI itu sendiri.
Selain itu bisa dimaknai bahwa kita sebagai pustakawan sudah saatnya mau turun ke ke masyarkat untuk bergerak, berkarya dan berjuang. Berjuang utk apa???
1.Berjuang utk meningkatkan profesionalitas pustakawan;
2. Berjuang sebagai garda terdepan menyediakan & melayankan informasi yg up to date dan benar bukan hoax;
3. Berjuang untuk meningkatkan keberliterasian kita dan masyarakat;
4. Berjuang untuk ikut andil menyejahterakan masyarakat;
5. Berjuang untuk teman-teman kita yg mengabdi di sekolah-sekolah sebagai pustakawan tanpa status dan upah yg memadai;
6. Berjuang untuk mencintai profesi kita dengan segenap jiwa dan raga….

Jadi gini lur, Acara pelantikan on the road ini, merupakan rangkaian kegiatan Musyawarah daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten Sukoharjo, yang di awali dengan kegiatan Pra-Musda pada tanggal 25 September 2019 untuk membahas tata tertib Musda. acara itu menghadirkan para pustakawan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo, Pustakawan Perguruan Tinggi, pustakawan SD-SMA se Kabupaten Sukoharjo dan pustakawan taman baca, dan  pegiat literasi turut di hadirkan dalam acara tersebut. lalu di lanjut lagi hari berikutnya, Kamis tanggal 26 September 2019 untuk melakukan musyawarah daerah yang di pimpin langsung oleh Ketua IPI Jawa Tengah sekaligus Pustakawan IAIN Salatiga Bapak Itmamudin, SS.,M.IP sebagai ketua sidang, yang di dampingi oleh Bapak daryono, S.Sos.,M.IP dari UNS Surakarta dan Bapak Nur Ishaq, S.IP dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo, dan mengesahkan tata tertib dan memilih formatur dari berbagai unsur pustakawan sekolah, pustakawan perguruan tinggi, pustakawan dinas arpus dan para pegiat literasi di kabupaten sukoharjo, dan akhirnya terpilihlah bapak Tunardi, SE sebagai Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten Sukoharjo periode 2019-2022.

Dalam sambutannya, Ketua IPI Propinsi Bapak Itmamudin, SS.,M.IP menyampaikan kepada seluruh peserta Musda bahwa salah tugas dari IPI jateng adalah memperjuangkan eksistensi pustakawan di seluruh jawa tengah agar dapat berkarya demi masyarakat jawa tengah melalui perpustakaan. Pembentukan IPI Kabupaten Sukoharjo dimaknai sebagai salah satu ikhtiar bagi para pustakawan agar memiliki wadah perjuangan yang legal dan formal dan di jamin oleh undang-undang. selain itu, keberadaan IPI juga sebagai wahana untuk mengenalkan dan memperjuangkan kesetaraan profesi pustakawan dengan profesi lainnya. Acara Musda di buka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo, dan di saksikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh pustakawan Utama Ibu Dra Andriani SP.

Sedulur pustakawan jawa tengah, sementara itu dulu yang kami sampaikan terkait pelaksanaan kegiatan Musda IPI Kabupaten Sukoharjo, BTW Ketua dan Seluruh Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Propinsi Jawa Tengah Mengucapkan selamat kepada Ketua dan PD IPI Kabupaten Sukoharjo, semoga amanah dalam mengemban tugas mulia ini, untuk bersama-sama menguatkan eksistensi pustakawan di jawa tengah dan menghidupkan kepustakawan di jawa tengah. (IW)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *